Pelaksanaan Masa Orientasi Mahasiswa Baru STKIP YPUP diadakan mulai tanggal 14 - 16 September 2018
Diinformasikan kepada seluruh mahasiswa STKIP YPUP bahwa SEMINAR KKLP akan Dilaksnakan pada tanggal 19 Maret 2018 di Aula Balai Bahagia YPUP Makassar
Disampaikan kepada Seluruh Civitas Akademika STKIP YPUP bahwa Perkuliahan Semester Ganjil 2018-2019 dimulai pada tanggal 17 September 2018
Program Studi Matematika dan Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan akan mengajukan Reakreditasi Tahun ini, Mohon doanya
DISAMPAIKAN BAHWA PENDAFTARAN SEMESTER PENDEK DIMULAI PADA TANGGAL 20 JULI 2018 s.d 5 Juli 2018
PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2018/2019 DIBUKA MULAI BULAN APRIL 2018 S.D. AGUSTUS 2018
Pengumuman Hasil Tes TKD Calon Dosen Tetap Prodi Penjaskesrek dapat dilihat Di Menu Download
Panduan Magang 1, Magang 2 dan PPL 2 dapat dilihat pada Menu Download
Silahkan mendaftar Program Magang 3 pada Unit Microteaching
Disampaikan Kepada Seluruh Dosen STKIP YPUP untuk Mengisi Nilai Simpel
Disampaikan Keoada Mahasiswa untuk Mengupload Panduan Penyusunan Skripsi terbaru
Disampaikan kepada seluruh mahasiswa bahwa program Magang 1, 2 dan 3 akan dilaksanakan pembekalan pada hari Senin, 16 Juli 2018
 


Profil Program Studi Matematika

VISI

TERWUJUDNYA LULUSAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA YANG BERAKHLAK MULIA, PROFESIONAL, BERWAWASAN ILMIAH DAN KOMPETITIF

 

MISI

  1. MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN YANG MEMBERI KESEMPATAN LUAS KEPADA MAHASISWA UNTUK MENGEMBANGKAN PENGUASAAN DI BIDANG MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK
  2. MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM RANGKA MEMBANGUN KEILMUAN, MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN INTERNALISASI NILAI-NILAI  
  3. MENINGKATKAN PENELITIAN DI BIDANG PENDIDIKAN MATEMATIKA
  4. MEMBANGUN APRESISI PENDIDIKAN MATEMATIKA MELALUI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

 

TUJUAN  PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

  1. MENGHASILKAN SARJANA PENDIDIKAN MATEMATIKA YANG BERAKHLAK MULIA, KREATIF, BERPRESTASI, PROFESSIONAL, UNGGUL, DAN BERDAYA SAING GLOBAL.
  2. MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERKELANJUTAN MELALUI BERBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN, DENGAN MENITIKBERATKAN PADA PENINGKATAN EFISIENSI, PRODUKTIVITAS, DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN.
  3. MENUMBUHKEMBANGKAN BUDAYA PENELITIAN BAGI DOSEN DAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA YANG MENGHASILKAN KARYA-KARYA ILMIAH BERKUALITAS DAN RELEVAN DENGAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI.

 

SASARAN

  1. MENINGKATKAN NILAI AKREDITASI PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA DARI NILAI C KE MINIMAL B
  2. RATA-RATA IPK LULUSAN 3,25  PER TAHUN
  3. RATA-RATA PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA 4,5 TAHUN
  4. JUMLAH LULUSAN TEPAT WAKTU MINIMAL 50%
  5. RATA-RATA MASA TUNGGU LULUSAN KURANG DARI 3 BULAN
  6. JUMLAH LULUSAN YANG MEMPEROLEH PEKERJAAN SESUAI BIDANG KEAHLIAN MINIMAL 85 %
  7. TINGKAT KEKETATAN CALON MAHASISWA 1 : 5
  8. MINIMAL 1 DOSEN MELANJUTKAN PENDIDIKAN, SEMINAR ATAU PELATIHAN KE LUAR NEGERI
  9. MINIMAL 40% DOSEN MEMPEROLEH HIBAH PENELITIAN 
  10. 60% DOSEN MEMPUBLIKASIKAN KARYA ILMIAHNYA PADA JURNAL, BAIK LOKAL, NASIONAL, DAN TERAKREDITASI NASIONAL.
  11. 40% PENELITIAN DOSEN BERKOLABORASI DENGAN PENELITIAN MAHASISWA.
  12. JUMLAH DOSEN YANG MELAKUKAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT MENCAPAI 35% PERTAHUN.
  13. JUMLAH MAHASISWA YANG MEMILIKI WAWASAN WIRAUSAHA, DAN IPTEK MENCAPAI 85%
  14. NILAI MATEMATIKA UJIAN NASIONAL CALON MAHASISWA MENCAPAI RATA-RATA 6,0
  15. FREKUENSI PENCAPAIAN PRESTASI/REPUTASI MAHASISWA DI BIDANG AKADEMIK DAN NON-AKADEMIK  SEBANYAK 2 KALI.
  16. JUMLAH KARYA ILMIAH YANG DIPUBLIKASIKAN PADA JURNAL INTERNASIONAL MINIMAL 1 PER TAHUN
  17. JURNAL “AKSIOMATIK” BERSTATUS TERAKREDITASI SECARA NASIONAL.

 

STRATEGI PENCAPAIAN

UNTUK MENCAPAI SASARAN TERSEBUT, DIKEMBANGKAN STRATEGI PENCAPAIAN MELALUI RENCANAN JANGKA PENDEK, JANGKA MENENGAH DAN JANGKA PANJANG SEBAGAI BERIKUT :

      1. RENCANA JANGKA PENDEK (2013 - 2017)

  1. MEMPERKUAT ATMOSFIR AKADEMIK
  2. MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN MELAKUKAN PELATIHAN PEMANFAATAN IT PADA PROSES PEMBELAJARAN.
  3. MENINGKATKAN RELEVANSI LULUSAN DENGAN MELAKUKAN PENINJAUAN KURIKULUM DENGAN MELIBATKAN ALUMNI DAN STAKEHOLDERS.
  4. MEMPERKUAT INTERNAL MANAJEMEN
  5. MENINGKATKAN KERJASAMA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA DENGAN MEMBANGUN JEJARING KEMITRAAN DENGAN SEKOLAH-SEKOLAH NEGERI MAUPUN SWASTA DAN INSTANSI LAIN YANG TERKAIT.
  6. MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA AKADEMIS YANG KONDUSIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN, YAITU; LABORATORIUM KOMPUTER, RUANG KELAS BER-AC.
  7. FASILITAS LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK MAHASISWA BERBASIS JARINGAN WAN (WIDE AREA NETWORK) YANG DAPAT DIAKSES OLEH MAHASISWA.
  8. PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS WEBSITE (E-LEARNING)
  9. MENINGKATKAN MORAL, ETIKA, ETOSKERJA, KEMANDIRIAN, DAN  KEDISIPLINAN, SERTA KOMPETENSI PROFESIONAL, KEPRIBADIAN, DAN SOSIAL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA
  10. MENINGKATKAN KUANTITAS DAN KUALITAS SOSIALISASI VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN
  11. MEMBENTUK GUGUS-GUGUS IKATAN ALUMNI DI SETIAP DAERAH
  12. MENINGKATKAN RASIO DAN KUALITAS DOSEN, SERTA TENAGA KEPENDIDIKAN.
  1. RENCANA JANGKA MENENGAH (2017 -2021)
  1. PENGEMBANGAN KURIKULUM STANDAR INTERNASIONAL,
  2. PENINGKATAN PERAN SERTA DOSEN DALAM PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT SERTA DALAM SEMINAR INTERNASIONAL.
  3. MENINGKATKAN KOMPETENSI DOSEN MELALUI STUDI LANJUT KE JENJANG S3.
  4. MENYUSUN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN BERTARAF NASIONAL DAN INTERNASIONAL
  5. MEMBANGUN JEJARING KEMITRAAN DENGAN INSTANSI PEMERINTAH, SWASTA MAUPUN PERGURUAN TINGGI LAINNYA DI INDONESIA
  1. RENCANA JANGKA PANJANG (2021 - 2031)
  1. PENERAPAN KURIKULUM STANDAR INTERNASIONAL
  2. FASILITAS LABORATORIUM DAN SARANA PENUNJANG PROSES BELAJAR TELAH BERSTANDAR INTERNASIONAL
  3. PENELITIAN DAN PENGABDIAN DOSEN SUDAH BERTARAF INTERNASIONAL.
  4. DOSEN DAPAT BERKOMUNIKASI MENGGUNAKAN BAHASA INTERNASIONAL DENGAN BAIK.
  5. SEMUA DOSEN TELAH BERPENDIDIKAN DOKTOR (S3) DAN BERGELAR GURU BESAR.

STRATEGI PENCAPAIAN SASARAN TERSEBUT DILAKUKAN SECARA BERTAHAP DAN SELENGKAPNYA TERDAPAT DALAM DOKUMEN PERENCANAAN STRATEGIS (RENSTRA)