Disampaikan kepada Mahasiswa bahwa Pelaksanaan Semester Antara (pendek) segera dibuka
SELAMA PANDEMI COVID-19 SELURUH PERKULIAHAN DILAKSANAKAN SECARA DARING
PELAKSANAAN UJIAN PROPOSAL, SEMINAR HASIL DAN TUTUP SELAMA PANDEMI COVID-19 DILAKSANAKAN SECARA VIRTUAL
DIHIMBAU KEPADA DOSEN UNTUK SEGERA MERAMPUNGKAN MATA KULIAHNYA KARENA UJIAN UAS GENAP 2020 SEGARA DILAKSANAKAN
SILAHKAN MAHASISWA MELAKSANAKAN BIMBINGAN PROPOSAL SECARA DARING
TELAH DIBUKA PENDAFTARAN MAHASISWA BARU 2020-2021
FOTO BUKTI ASLI BPP DAN FOTO KRS WAJIB DILAMPIRKAN KEPADA PANITIA UAS 2020
DISAMPAIKAN KEPADA MAHASISWA BAHWA PELAKSANAAN UAS GENAP 2021 AKAN DILAKSANAKAN PADA BULAN JUNI 2021
Ujian Akhir Semester (UAS) genap STKIP YPUP dimulai pada tanggal 15 Februari 2021 s.d. 21 Februari 2021
Disampaikan Kepada Seluruh Dosen STKIP YPUP bahwa Soal UAS Genap/Ganjil 2021 dikumpulkan ke prodi masing-masing
Pemeriksaan soal dan penginputan nilai di SIMPEL dimulai pada tanggal 22 Februari 2021 s.d. 27 Februari 2021
Pendaftaran dan proses pelaksanaan SP mahasiswa STKIP YPUP dimulai pada tanggal 03 Agustus 2021 s.d. 31 Agustus 2021
Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 akan dimulai pada tanggal 14 September 2021
PELAKSANAAN WISUDA TAHUN AKADEMIK 2020-2021 DILAKSANAKAN SECARA VIRTUAL
Disampaikan Kepada Mahasiswa Agar Segera Melakukan Registrasi, Kuliah Perdana Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 Dimulai Tanggal 7 Maret 2022. Terimah kasih
 


Profil Program Studi Matematika

VISI

Terwujudnya lulusan Program studi Pendidikan Matematikayang berakhlak mulia, profesional, berwawasan edupreneurship, kompetitif pada taraf nasional.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang memberi kesempatan luas kepada mahasiswa untuk mengembangkan penguasaan di bidang matematika dan kemampuan pedagogik
  2. Mengembangkan pendidikan matematika dalam rangka membangun keilmuan, meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan internalisasi nilai-nilai karakter, etika dan moral. 
  3. Menggiatkan penelitian di bidang pendidikan matematika dan publikasi secara nasional dan internasional.
  4. Mengembangkan apresiasi pendidikan matematika melalui pengabdian kepada masyarakat
  5. Meningkatkan kerjasama dengan beberapa institusi dan perguruan tinggi di kawasan Indonesia timur
  6. Merintis secara intensif kajian-kajian mendalam tentang edupreneurship

 

TUJUAN  PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang berakhlak mulia, kreatif, berprestasi, professional, unggul, berdaya saing global dan berwawasan edupreneurship.
  2. Menciptakan inovasi pembelajaran dengan menitikberatkan pada peningkatan efisiensi, produktivitas, dan efektivitas pembelajaran.
  3. Menumbuhkembangkan budayapenelitian bagi dosen dan mahasiswa Program studi pendidikan matematika yang menghasilkan karya-karya ilmiah berkualitas dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi..

 

SASARAN

  1. Pada tahun 2019 nilai akreditasi Prodi Pendidikan Matematika dari nilai B ke A atau minimal tetap B
  2. Pada tahun 2019 rata-rata IPK lulusan 3,30 per tahun
  3. Pada tahun 2019 rata-rata penyelesaian studi mahasiswa 4 tahun
  4. Pada tahun 2020 rata-rata masa tunggu lulusan memperoleh pekerjaan kurang dari 3 bulan
  5. Pada tahun 2018 jumlah lulusan yang memperoleh pekerjaan sesuai bidang keahlian minimal 90 %
  6. Pada tahun 2017 tingkat keketatan calon mahasiswa 4:5
  7. Pada tahun 2020 minimal 70% dosen memperoleh hibah penelitian
  8. Pada tahun 2020 minimal 60% dosen mempublikasikan karya ilmiahnya pada jurnal nasional, terakreditasi nasional dan international 
  9. Pada tahun 2019 minimal 80% penelitian dosen berkolaborasi dengan penelitian mahasiswa
  10. Pada tahun 2020 persentase dosen yang memenangkan hibah pengabdian masyarakat mencapai 50%.
  11. Pada tahun 2019 pencapaian prestasi/reputasi mahasiswa di bidang akademik dan non-akademik sebanyak 5

 

STRATEGI PENCAPAIAN

UNTUK MENCAPAI SASARAN TERSEBUT, DIKEMBANGKAN STRATEGI PENCAPAIAN MELALUI RENCANAN JANGKA PENDEK, JANGKA MENENGAH DAN JANGKA PANJANG SEBAGAI BERIKUT :

      1. RENCANA JANGKA PENDEK (2013 - 2017)

  1. MEMPERKUAT ATMOSFIR AKADEMIK
  2. MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN MELAKUKAN PELATIHAN PEMANFAATAN IT PADA PROSES PEMBELAJARAN.
  3. MENINGKATKAN RELEVANSI LULUSAN DENGAN MELAKUKAN PENINJAUAN KURIKULUM DENGAN MELIBATKAN ALUMNI DAN STAKEHOLDERS.
  4. MEMPERKUAT INTERNAL MANAJEMEN
  5. MENINGKATKAN KERJASAMA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA DENGAN MEMBANGUN JEJARING KEMITRAAN DENGAN SEKOLAH-SEKOLAH NEGERI MAUPUN SWASTA DAN INSTANSI LAIN YANG TERKAIT.
  6. MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA AKADEMIS YANG KONDUSIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN, YAITU; LABORATORIUM KOMPUTER, RUANG KELAS BER-AC.
  7. FASILITAS LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK MAHASISWA BERBASIS JARINGAN WAN (WIDE AREA NETWORK) YANG DAPAT DIAKSES OLEH MAHASISWA.
  8. PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS WEBSITE (E-LEARNING)
  9. MENINGKATKAN MORAL, ETIKA, ETOSKERJA, KEMANDIRIAN, DAN  KEDISIPLINAN, SERTA KOMPETENSI PROFESIONAL, KEPRIBADIAN, DAN SOSIAL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA
  10. MENINGKATKAN KUANTITAS DAN KUALITAS SOSIALISASI VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN
  11. MEMBENTUK GUGUS-GUGUS IKATAN ALUMNI DI SETIAP DAERAH
  12. MENINGKATKAN RASIO DAN KUALITAS DOSEN, SERTA TENAGA KEPENDIDIKAN.
  1. RENCANA JANGKA MENENGAH (2017 -2021)
  1. PENGEMBANGAN KURIKULUM STANDAR INTERNASIONAL,
  2. PENINGKATAN PERAN SERTA DOSEN DALAM PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT SERTA DALAM SEMINAR INTERNASIONAL.
  3. MENINGKATKAN KOMPETENSI DOSEN MELALUI STUDI LANJUT KE JENJANG S3.
  4. MENYUSUN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN BERTARAF NASIONAL DAN INTERNASIONAL
  5. MEMBANGUN JEJARING KEMITRAAN DENGAN INSTANSI PEMERINTAH, SWASTA MAUPUN PERGURUAN TINGGI LAINNYA DI INDONESIA
  1. RENCANA JANGKA PANJANG (2021 - 2031)
  1. PENERAPAN KURIKULUM STANDAR INTERNASIONAL
  2. FASILITAS LABORATORIUM DAN SARANA PENUNJANG PROSES BELAJAR TELAH BERSTANDAR INTERNASIONAL
  3. PENELITIAN DAN PENGABDIAN DOSEN SUDAH BERTARAF INTERNASIONAL.
  4. DOSEN DAPAT BERKOMUNIKASI MENGGUNAKAN BAHASA INTERNASIONAL DENGAN BAIK.
  5. SEMUA DOSEN TELAH BERPENDIDIKAN DOKTOR (S3) DAN BERGELAR GURU BESAR.

STRATEGI PENCAPAIAN SASARAN TERSEBUT DILAKUKAN SECARA BERTAHAP DAN SELENGKAPNYA TERDAPAT DALAM DOKUMEN PERENCANAAN STRATEGIS (RENSTRA)