Pelaksanaan Masa Orientasi Mahasiswa Baru STKIP YPUP diadakan mulai tanggal 14 - 16 September 2018
Diinformasikan kepada seluruh mahasiswa STKIP YPUP bahwa SEMINAR KKLP akan Dilaksnakan pada tanggal 19 Maret 2018 di Aula Balai Bahagia YPUP Makassar
Disampaikan kepada Seluruh Civitas Akademika STKIP YPUP bahwa Perkuliahan Semester Ganjil 2018-2019 dimulai pada tanggal 17 September 2018
Program Studi Matematika dan Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan akan mengajukan Reakreditasi Tahun ini, Mohon doanya
DISAMPAIKAN BAHWA PENDAFTARAN SEMESTER PENDEK DIMULAI PADA TANGGAL 20 JULI 2018 s.d 5 Juli 2018
PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2018/2019 DIBUKA MULAI BULAN APRIL 2018 S.D. AGUSTUS 2018
Pengumuman Hasil Tes TKD Calon Dosen Tetap Prodi Penjaskesrek dapat dilihat Di Menu Download
SELAMAT DATANG ASESSOR BAN-PT DRS. FERI JAYA PERMANA, M.SI,ASAI DAN DR. SCOLASTIKA MARIANI M.SI DALAM RANGKA KEGIATAN ASESMEN LAPANGAN AKREDITASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA S1 STKIP YPUP MAKASSAR
Ujian Akhir Semester (UAS) STKIP YPUP dimulai pada tanggal 7 Januari 2019 s.d. 12 Januari 2019
Disampaikan Kepada Seluruh Dosen STKIP YPUP bahwa batas Pemasukan dan Penginputan Nilai semester ganjil tahun 2018 pada tanggal 26 Januari 2019
Disampaikan Kepada Seluruh Pesert KKLP Angkatan 58 tahun 2019 bahwa Pembekalan Insya Allah akan dilaksanakan 17 Januari 2019 dan Silahkan download Sistematika Laporan KKLP pada Menu Download
Disampaikan kepada seluruh mahasiswa bahwa program Magang 1, 2 dan 3 akan dilaksanakan pembekalan pada hari Senin, 16 Juli 2018
Yudisium 1 Insya Allah akan dilaksanakan pada Hari Senin, 26 November 2018, mohon mahasiswa segera menyelesaikan administrasi pada jurusan masing-masing
 


Profil Program Studi Matematika

VISI

Terwujudnya lulusan Program studi Pendidikan Matematikayang berakhlak mulia, profesional, berwawasan edupreneurship, kompetitif pada taraf nasional.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang memberi kesempatan luas kepada mahasiswa untuk mengembangkan penguasaan di bidang matematika dan kemampuan pedagogik
  2. Mengembangkan pendidikan matematika dalam rangka membangun keilmuan, meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan internalisasi nilai-nilai karakter, etika dan moral. 
  3. Menggiatkan penelitian di bidang pendidikan matematika dan publikasi secara nasional dan internasional.
  4. Mengembangkan apresiasi pendidikan matematika melalui pengabdian kepada masyarakat
  5. Meningkatkan kerjasama dengan beberapa institusi dan perguruan tinggi di kawasan Indonesia timur
  6. Merintis secara intensif kajian-kajian mendalam tentang edupreneurship

 

TUJUAN  PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang berakhlak mulia, kreatif, berprestasi, professional, unggul, berdaya saing global dan berwawasan edupreneurship.
  2. Menciptakan inovasi pembelajaran dengan menitikberatkan pada peningkatan efisiensi, produktivitas, dan efektivitas pembelajaran.
  3. Menumbuhkembangkan budayapenelitian bagi dosen dan mahasiswa Program studi pendidikan matematika yang menghasilkan karya-karya ilmiah berkualitas dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi..

 

SASARAN

  1. Pada tahun 2019 nilai akreditasi Prodi Pendidikan Matematika dari nilai B ke A atau minimal tetap B
  2. Pada tahun 2019 rata-rata IPK lulusan 3,30 per tahun
  3. Pada tahun 2019 rata-rata penyelesaian studi mahasiswa 4 tahun
  4. Pada tahun 2020 rata-rata masa tunggu lulusan memperoleh pekerjaan kurang dari 3 bulan
  5. Pada tahun 2018 jumlah lulusan yang memperoleh pekerjaan sesuai bidang keahlian minimal 90 %
  6. Pada tahun 2017 tingkat keketatan calon mahasiswa 4:5
  7. Pada tahun 2020 minimal 70% dosen memperoleh hibah penelitian
  8. Pada tahun 2020 minimal 60% dosen mempublikasikan karya ilmiahnya pada jurnal nasional, terakreditasi nasional dan international 
  9. Pada tahun 2019 minimal 80% penelitian dosen berkolaborasi dengan penelitian mahasiswa
  10. Pada tahun 2020 persentase dosen yang memenangkan hibah pengabdian masyarakat mencapai 50%.
  11. Pada tahun 2019 pencapaian prestasi/reputasi mahasiswa di bidang akademik dan non-akademik sebanyak 5

 

STRATEGI PENCAPAIAN

UNTUK MENCAPAI SASARAN TERSEBUT, DIKEMBANGKAN STRATEGI PENCAPAIAN MELALUI RENCANAN JANGKA PENDEK, JANGKA MENENGAH DAN JANGKA PANJANG SEBAGAI BERIKUT :

      1. RENCANA JANGKA PENDEK (2013 - 2017)

  1. MEMPERKUAT ATMOSFIR AKADEMIK
  2. MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN MELAKUKAN PELATIHAN PEMANFAATAN IT PADA PROSES PEMBELAJARAN.
  3. MENINGKATKAN RELEVANSI LULUSAN DENGAN MELAKUKAN PENINJAUAN KURIKULUM DENGAN MELIBATKAN ALUMNI DAN STAKEHOLDERS.
  4. MEMPERKUAT INTERNAL MANAJEMEN
  5. MENINGKATKAN KERJASAMA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA DENGAN MEMBANGUN JEJARING KEMITRAAN DENGAN SEKOLAH-SEKOLAH NEGERI MAUPUN SWASTA DAN INSTANSI LAIN YANG TERKAIT.
  6. MENINGKATKAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA AKADEMIS YANG KONDUSIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN, YAITU; LABORATORIUM KOMPUTER, RUANG KELAS BER-AC.
  7. FASILITAS LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK MAHASISWA BERBASIS JARINGAN WAN (WIDE AREA NETWORK) YANG DAPAT DIAKSES OLEH MAHASISWA.
  8. PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS WEBSITE (E-LEARNING)
  9. MENINGKATKAN MORAL, ETIKA, ETOSKERJA, KEMANDIRIAN, DAN  KEDISIPLINAN, SERTA KOMPETENSI PROFESIONAL, KEPRIBADIAN, DAN SOSIAL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA
  10. MENINGKATKAN KUANTITAS DAN KUALITAS SOSIALISASI VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN
  11. MEMBENTUK GUGUS-GUGUS IKATAN ALUMNI DI SETIAP DAERAH
  12. MENINGKATKAN RASIO DAN KUALITAS DOSEN, SERTA TENAGA KEPENDIDIKAN.
  1. RENCANA JANGKA MENENGAH (2017 -2021)
  1. PENGEMBANGAN KURIKULUM STANDAR INTERNASIONAL,
  2. PENINGKATAN PERAN SERTA DOSEN DALAM PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT SERTA DALAM SEMINAR INTERNASIONAL.
  3. MENINGKATKAN KOMPETENSI DOSEN MELALUI STUDI LANJUT KE JENJANG S3.
  4. MENYUSUN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN BERTARAF NASIONAL DAN INTERNASIONAL
  5. MEMBANGUN JEJARING KEMITRAAN DENGAN INSTANSI PEMERINTAH, SWASTA MAUPUN PERGURUAN TINGGI LAINNYA DI INDONESIA
  1. RENCANA JANGKA PANJANG (2021 - 2031)
  1. PENERAPAN KURIKULUM STANDAR INTERNASIONAL
  2. FASILITAS LABORATORIUM DAN SARANA PENUNJANG PROSES BELAJAR TELAH BERSTANDAR INTERNASIONAL
  3. PENELITIAN DAN PENGABDIAN DOSEN SUDAH BERTARAF INTERNASIONAL.
  4. DOSEN DAPAT BERKOMUNIKASI MENGGUNAKAN BAHASA INTERNASIONAL DENGAN BAIK.
  5. SEMUA DOSEN TELAH BERPENDIDIKAN DOKTOR (S3) DAN BERGELAR GURU BESAR.

STRATEGI PENCAPAIAN SASARAN TERSEBUT DILAKUKAN SECARA BERTAHAP DAN SELENGKAPNYA TERDAPAT DALAM DOKUMEN PERENCANAAN STRATEGIS (RENSTRA)